5 Penyebab Ketombe yang Perlu Diketahui

Bisa dibilang, ketombe merupakan masalah sepele. Namun, hal tersebut akan mengganggu penampilan Anda. Jika ditanya, apa penyebab ketombe? Jawabannya sangat beragam. Seperti halnya stres hingga faktor usia. Untuk lebih jelasnya mengenai penyebab dari ketombe, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Dermatitis Seboroik

Penyebab umum dari ketombe adalah dermatitis seboroik. Sebuah penyakit kulit yang menyerang bagian kulit kepala. Penyakit kulit ini biasanya ditandai dengan bercak tebal yang bersisik, layaknya serpihan kulit mati. Orang dengan masalah ini biasanya akan menimbulkan kulit berminyak, iritasi dan juga ketombe.

2. Jarang Menyisir Rambut

Nyatanya, kebiasaan menyisir rambut bisa mengurangi resiko terkena ketombe. Sebab, dengan menyisir rambut akan membantu proses pengelupasan kulit kepala dengan normal. Faktanya, rambut yang jarang disisir akan meningkatkan resiko terkena ketombe.

3. Jamur

Di musim hujan atau dingin, ketombe juga bisa disebabkan oleh jamur. Pasalnya, jamur akan tumbuh pada kulit kepala dan menyebabkan jamur karena kurangnya paparan sinar matahari. Jamur yang biasanya berkembang pada kulit kepala adalah Malassezia, sejenis jamur yang meningkatkan produksi sel kulit baru. Inilah yang bisa menjadi ketombe saat bercampur dengan minyak pada kulit kepala.

4. Kulit Kering

Kulit kering juga bisa menjadi faktor yang menyebabkan ketombe. Ketombe yang disebabkan oleh kulit kepala yang kering menjadi masalah yang harus segera diatasi. Sebab, gejala berbeda. Dimana ketombe terlihat lebih kecil dan juga tidak berminyak.

5. Kurang atau Terlalu Sering Mencuci Rambut

Nyatanya, terlalu sering mencuci rambut juga menjadi salah satu penyebab dari ketombe. Hal ini tidak lain karena kulit kepala yang sering terkena produk shampo akan menyebabkan iritasi. Selain itu, beberapa produk shampo juga menyebabkan kulit kemerahan, bersisik dan juga gatal.

Disisi lain, jarang mencuci rambut juga bisa meningkatkan jumlah produksi minyak dan juga sel kulit mati pada kepala. Dengan begitu, akan meningkatkan resiko terkena ketombe juga. Meski begitu, pernyataan ini masih menjadi perdebatan di dunia medis.

Nah itu dia lima penyebab ketombe yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui faktor-faktor yang bisa menyebabkan ketombe, hal tersebut akan mempermudah Anda dalam mengatasi masalah ketombe yang mengganggu tersebut.

 

About admin

Check Also

Perlu Panduan CDC Perlu Diadopsi Sekolah Tatap Muka Dimulai Guru Besar FK UI

Guru Besar Paru Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Profesor Tjandra Yoga Aditama mengemukakan, perlunya mengadopsi panduan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.