Bayar Zakat Mal Menjadi Kewajiban Seorang Muslim 

Zakat mal dapat dikatakan sebagai zakat harta. Bayar zakat mal diwajibkan apabila sudah mencapai syarat-syarat yang ditentukan. Zakat mal itu sendiri terdiri dari simpanan kekayaan seperti penghasilan profesi, aset perdagangan, surat berharga, uang, emas, hasil sewa aset, hasil barang tambang atau laut dan masih banyak lagi.

Penerima Zakat Mal

Zakat yang akan Anda bayarkan akan diberikan kepada beberapa orang yang membutuhkan. Tentu saja penerima zakat pun memiliki kriteria sendiri. Berikut ini beberapa penerima zakat mal yang sudah ditentukan sebelumnya.

Miskin dan Fakir

Miskin merupakan suatu golongan orang yang mempunyai harta, namun golongan tersebut tidak dapat mencukupi kebutuhan sehari-harinya. Jadi mereka sulit memenuhi kebutuhan harian.

Golongan yang hampir tidak memiliki sama sekali harta benda. Mereka juga tidak mampu memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Fakir juga tak wajib bayar zakat mal.

Mualaf dan Amil

Seseorang yang baru saja masuk dalam Islam. Sehingga lebih membutuhkan bantuan untuk meningkatkan pengetahuan dalam syariah dan tauhid.

Sedangkan Amil sendiri yaitu golongan orang-orang yang yang menjadi panitia atau pengumpul zakat. Golongan inilah yang akan mengurus semua kebutuhan orang yang akan bayar zakat mal.

Fisabilillah dan Ibnu Sabil

Golongan ini menjadi salah satu penerima zakat mal karena telah berjuang di jalan Allah SWT melalui jihad atau dakwah. Umat muslim yang bayar zakat nantinya akan membantu fisabilillah.

Ibnu Sabil merupakan golongan yang hartanya telah habis dalam perjalanan untuk ketaatan kepada Allah SWT. Biasanya dalam golongan ini mereka akan memberikan harta-harta mereka kepada orang yang lagi kesusahan atau keperluan-keperluan untuk menyampaikan ajaran Islam.

Bayar Zakat Mal untuk Riqab dan Gharim

Riqab memiliki arti sebagai budak yang ingin memerdekakan dirinya. Karena keterbatasan tersebut sehingga golongan ini menjadi salah satu penerima zakat mal, bukan pihak yang bayar zakat mal.

Golongan terakhir yang masuk ke dalam penerima zakat yaitu gharimin. Yaitu seseorang yang memiliki hutang untuk tujuan mencukupi kebutuhan hidupnya.

Itulah delapan golongan orang yang berhak menerima zakat. Semoga umat muslim melakukan kewajiban bayar zakat mal dengan baik.

About admin

Check Also

5 Rekomendasi Kursi Kantor dengan Warna Paling Unik

Kenyamanan saat bekerja bahkan bisa dipengaruhi oleh desain kursi kantor yang lebih bervariasi dan berwarna. …

Leave a Reply

Your email address will not be published.