Pendidikan

Lengkap dengan Ciri-ciri Laki-laki & Perempuan di Masa Puber Pengertian Pubertas

Mari kita simak pengertian masa pubertas. Tidak hanya pengertiannya, dalam artikel ini juga dilengkapi dengan ciri ciri pubertas pada laki laki dan perempuan. Dikutip dari KBBI, masa puber adalah masa atau kehidupan usia remaja.

Sedangkan pubertas adalah masa akil balig atau masa remaja. Dikutip dari Buku Informasi Kesehatan Peserta Didik Tingkat SMP/MTS dan SMK/SMK/MA Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2017 , masa pubertas akan dialami anak pada usia 10 19 tahun. Masa pubertas juga disebut sebagai masa perubahan/transisi dari masa anak anak menuju dewasa.

Akan ada banyak perubahan, di antaranya menyangkut fisik, psikis, jiwa dan pematangan fungsi organ reproduksi. Masa pubertas dimulai pada umur yang berbeda beda. Biasanya pada umur 10 sampai 12 tahun.

Namun, ada juga yang dimulai pada usia lebih tua dari usia tersebut. Umumnya, pubertas pada anak perempuan lebih awal satu atau dua tahun dari anak laki laki. Terkait tanda tanda seorang anak mengalami pubertas bisa dilihat dari ciri cirinya.

Adapun tanda atau ciri pubertas pada anak laki laki yakni: Badan bertambah tinggi dan besar. Otot dada dan bahu melebar.

Tumbuh jakun dan suara menjadi berat. Tumbuh kumis, jambang, janggut, rambut ketika dan disekitar kelamin. Terkadang juga tumbuh rambut di dada.

Mulai berjerawat. Mengalami mimpi basah. Adapun tanda atau ciri pubertas pada anak perempuan yakni:

Badan bertambah tinggi dan besar. Pinggung melebar. Payudara mulai membesar.

Tumbuh rambut pada ketiak dan sekitar kelamin. Mulai berjerawat. Mulai menstruasi.

Tidak hanya perubahan fisik, remaja di masa pubertas juga akan mengalami perubahan keadaan jiwa. Pada masa pubertas, keadaan jiwa juga mengalami perubahan yang dapat mempengaruhi perilaku remaja. Adapun seorang yang mengalami pubertas akan merasakan lebih bersemangat, lebih kreatif, senang berpetualang.

Tidak hanya itu, biasanya dia juga lebih mudah marah, bosan, bahkan tidak peduli atau cuek. Pada masa ini, pribadi juga lebih senang berkumpul dengan teman dibanding keluarga. Ada rasa ingin diakui oleh kelompok sebaya, punya rasa ingin tahu yang besar, dan suka mencoba sesuatu yang baru.

Bagi perempuan yang akan memasuki masa pubertas, penting mengetahui tentang menstruasi. Menstruasi atau haid yang pertama ( menarche ) merupakan tanda pubertas. Menstruasi adalah peluruhan lapisan dalam dinding rahim (endometrium) yang banyak mengandung pembuluh darah.

Peristiwa ini terjadi setiap bulan, biasanya berlangsung selama lima sampai dengan tujuh hari. Siklus menstruasi yang normal rata rata yakni 28 hari (21 35 hari), bila siklus menstruasi tidak normal, sebaiknya tanyakan kepada tenaga kesehatan. Umumnya, menstruasi akan berlangsung hingga usia 50 tahun.

Masa setelah menstruasi berhenti disebut menopause. Beberapa perempuan akan merasakan kram atau sakit selama menstruasi, hal ini disebut sebagai dismenore. Untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri bisa dengan memberikan kompres hangat pada lokasi yang sakit.

Kamu juga bisa dengan istirahat cukup dan berolahraga terutama berjalan. Jika masih nyeri, segeralah datang ke puskemas atau fasilitas kesehatan terdekat untuk pemeriksaan dan pengobatan. Bagi laki laki yang berada di masa pubertas akan mengalami mimpi basah.

Mimpi basah adalah peristiwa keluarnya sperma saat tidur, umumnya dikarenakan bermimpi tentang hubungan seks. Mimpi basah merupakan cara alami tubuh mengeluarkan timbunan sperma yang terbentuk terus menerus. Sejak kamu mengalami mimpi basah, itu menandakan alat reproduksi sudah berfungsi seperti orang dewasa.

Remaja perempuan yang sudah menstruasi berisiko hamil apabila melakukan hubungan seksual. Begitu juga remaja laki laki yang telah mengalami mimpi basah, ia sudah bisa menyebabkan kehamilan jika melakukan hubungan seksual. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa mengunduh Buku Informasi Kesehatan Peserta Didik Tingkat SMP/MTS dan SMK/SMK/MA Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2017 di .

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top